blognya nyna salatiga

Minggu, 09 Mei 2010

contoh laporan

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
Latar belakang prakerin karena Kegiatan Praktek Industri adalah satu rangkaian kegiatan Pendidikan Sistem Ganda yang harus dilalui atau ditempuh oleh setiap siswa SMK N 1Salatiga, khususnya pada saat duduk di bangku kelas II (dua) atau kelas III (tiga).
Sedangkan magang atau praktek kerja industri tersebut dilaksanakan di Dunia atau industri yang merupakan Institusi Pasangan SMK N 1 Salatiga selama 2 (dua) s.d 6 (enam) bulan. Yang diharapkan dari kegiatan praktek ini peserta dapat melakukan kegiatan mengerjakan pekerjaan produksi atau jasa (pekerjaan sesungguhnya) di Industri/ Perusahaan/Kantor.
Melakukan kegiatan disini dapat diartikan melakukan seluruh rangkaian kegiatan yang dibebankan kepada peserta praktek sesuai dengan rambu-rambu materi yang sudah ada (sesuai dengan spesifikasi Program Studi) serta kegiatan lain yang semata-mata untuk membentuk siswa agar memiliki wawasan serta etos kerja sesuai dengan standard yang sudah ditentukan.


B. Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)
Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan suatu sistem pembelajaran yang dilakukan diluar Proses Belajar Mengajar dan dilaksanakan pada perusahaan/industri atau instansi yang relevan.
Secara umum pelaksanaan program Praktek Kerja Industri ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa dibidang administrasi perkantoran, penyesuaian diri dengan situasi yang sebenarnya, mengumpulkan informasi dan menulis laporan yang berkaitan langsung dengan tujuan khusus.
Setelah siswa melaksanakan program Praktek Kerja Industri secara khusus siswa diharapkan memperoleh pengalaman yang mencakup tinjauan tentang dunia kerja, dan kegiatan-kegiatan praktek yang berhubungan langsung dengan administrasi perkantoran. Dan mempersiapkan para siswa/siswi untuk belajar bekerja secara mandiri, bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan potensi dan keahlian sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.
Penyelenggaraan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) pada SMK bertujuan untuk:
1. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, ketrampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja.
2. Meningkatkan dan memperkokoh keterkaitan dan kesepadanan antara lembaga pendidikan pelatihan kejuruan dan dunia kerja.
3. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja berkualitas professional.
4. Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagaian dari proses pendidikan.


C. Tujuan SMK Negeri 1 Salatiga
Tujuan dari SMK Negeri 1 Salatiga melakukan pengiriman siswa magang ketempat Prakerin adalah sebgagai berikut:
1. Menyiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja serta mengembangkan sikap profesional.
2. Menyiapkan siswa agar mampu memilih karier, mamu berkompetisi dan mampu mengembangkan dirinya dalam era global.
3. Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan Dunia Kerja/ Dunia Industri pada saatnya dan pada saat yang akan datang.
4. Menyiapkan tamatan menjadi warga negara yang normatif, adaptif, produktif dan kreatif.
D. Landasan Hukum
Landasan hukum yang mengharuskan siswa SMK N 1 Salatiga khususnya di bangku kelas II atau kelas III untuk melakukan praktek kerja industri adalah sebagai berikut:
1. GBHN Tahun 1993 tentang Tujuan Pendidikan Nasional.
2. GBHN Tahun 1993 tentang perlunya dikembangkan kerjasama antara dunia pendidikan dengan dunia usaha.
3. GBHN Tahun 1993 tentang perlunya diadakan penyesuaian kurikulum.
4. GBHN tahun 1993 tentang tanggung jawab pemerintah dan masyarakat dalam upaya peningkatan mutu tenaga kerja
5. Undang-Undang N0. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
6. PP 29 Bab XI pasal 29 ayat 1 bahwa penyelenggaraan sekolah menengah dapat bekerjasama dengan masyarkat terutama Dunia Usaha.
7. PP 29 Bab XI pasal 29 ayat 2 bahwa pada sekolah menengah dapat dilakukan ujicoba gagasan baru dalam rangka pengembangan pendidikan menengah.
8. Keputusan menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor. 323/U/1997 tentang penyelenggaraan pendidikan Sistem Ganda pada Sekolah Menengah Kejuruan.


E. Metode Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data yang digunakan oleh penyusun untuk membuat laporan Praktek Kerja Industri adalah sebagai berikut:
1) Metode Dokumentasi yaitu dengan cara mengambil beberapa objek gambar/foto dilokasi prakerin.
2) Metode Literatur yaitu pengumpulan data dengan cara membaca buku-buku yang menunjang pembuatan prakerin dan melalui bowsing internet.
3) Metode interview yaitu pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara (tanya jawab) kepada pegawai B2P2VRP.


F. Pelaksanaan Praktek Kerja Industri
Penyusun melaksanakan prakerin di Balai Besar Penelitian Dan Pengembangan Vektor Dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga tepatnya di Jl. Hasanudin No. 123 Salatiga. Penyusun melaksanakan Prakerin selama 4 bulan yaitu sejak tanggal 11 Januari 2010 sampai 11 Mei 2010.
Prakerin dilaksanakan seminggu 5 kali yaitu mulai hari senin sampai dengan jumat, adapun jam kerja dan pakaiannya sebagai berikut:
Senin – Kamis
Pakaian : Memakai seragam osis
Jam Kerja : 07.00 - 15.00 WIB

Jumat
Pakaian : Seragam Olah raga
Jam Kerja : 07.00 – 11.00 WIB












BAB II
PROFIL PERUSAHAAN


A. Sejarah Perusahaan
Unit Penelitian Biologi dan Pemberantasan Vektor (UPBPV) berdiri di Semarang tahun 1976 atas kerjasama WHO dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Tujuan pendirian UPBPV untuk memecahkan masalah – masalah dalam pemberantasan penyakit bersumber binatang khususnya malaria, terutama timbulnya resistensi vektor terhadap DDT.
Pada tanggal 7 April 1984 unit pelaksana Teknis (UPT) Badan Litbang Kesehatan dan berkedudukan di Balai Latihan Kesehatan (BLK) Suwakul, Ungaran, Kab. Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Dengan tugas dan fungsi sebagai pelaksana teknis untuk studi pengendalian dan pemberantasan vektor penyakit.
Tahun 1987 diterbitkan SK Menteri Kesehatan No: 556/Menkes/SK/VII/1987 yang meresmikan Unit Lapangan menjadi Stasiun Penelitian Vektor Penyakit (SPVP), berlokasi di kota Salatiga, Jawa Tengah. Tujuan SPVP adalah melakukan studi pengendalian vektor yang bersifat lokal dan spesifik.
Selanjutnya pada tahun 1999 berdasarkan SK Menteri Kesehatan No:1351/MENKES/SK/XII/1999 SPVP dikembangkan menjadi Balai Penelitian dan Pengembangan Vektor Dan Reservoir Penyakit (BPVRP). Berdasarkan SK Menteri Kesehatan tahun 2005 No:1353/MENKES/PER/XI/2005 BPVRP menjadi Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP). Perubahan nama ini mempertegas Core Bussines kami yaitu Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit serta pengendaliannya, berikut IPTEK terapan yang mendukungnya. Hal ini sejalan dengan perubahan ekosistem sebagai akibat laju pembangunan, berdampak pada kecenderungan meningkatnya penyakit yang baru timbul (Flu burung, Congo fever dan Paragonomiamis) dan penyakit yang timbul kembali (Malaria, Filariasis, DBD dan Leptospirosis).
Sehubungan dengan dampak perubahan ekosistem, upaya peningkatan penelitian dan penanggulangan penyakit tular vektor perlu terus ditingkatkan secara berkesinambungan.


B. Visi, Misi dan Tata Nilai B2P2VRP

B.1. Visi
Menjadi institusi unggulan penelitian dan pengembangan metode pengendalian penyakit tular vektor dan reservoir, serta penyakit bersumber binatang lain, secara rasional, efisien, efektif, berkesinambungan dan diterima masyarakat.

B.2. Misi
a. Terpercaya dalam penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit serta pengendaliannya.
b. Terlengkap dan terkini dalam informasi vektor dan reservoir penyakit serta pengendaliannya.
c. Terdepan dalam pendampingan kepada program pengendalian pemberantasan penyakit bersumber binatang dan masyarakat dalam pengendalian vektor dan reservoir penyakit.

B.3. Tata Nilai
Pusat unggulan IPTEK vektor dan reservoir penyakit serta pengendaliannya. Tata nilai B2P2VRP secara keseluruhan merujuk pada tata nilai DEPKES yang dihayati oleh seluruh jajaran B2P2VRP dalam melaksanakan misinya untuk mencapai visi, sebagai pusat unggulan IPTEK vektor dan reservoir penyakit serta pengendaliannya.

C. OutPut B2P2VRP

C.1. Program
a. Memetakan resistensi vektor malaria dan DBD.
b. Merekomendasikan insektisida yang tepat guna dan sasaran.
c. Merekomendasikan metode pengendalian yang tepat guna dan sasaran.

C.2. Iptek
a. Pengembangan Bacillus thuringiensis H-14 galur lokal untuk pengendalian vektor secara biologi.
b. Penemuan metode pengendalian pinjal dengan metode bumbung bambu berinsektisida.
c. Pemeliharaan koloni serangga vektor sebagai serangga uji yang tersertifikasi.
d. Pengembangan pengendalian leptospirosis dan pes.

C.3. Masyarakat
a. Pengendalian dan penurunan kasus malaria dengan metode arisan kelambu berinsektisida dan pemberdayaan Dasa wisma.
b. Pengendalian dan penurunan kasus pes dengan metode bumbung bambu berinsektisida.
c. Penyuluhan DBD pada dokter kecil dan pengendalian leptospirosis dan pes.


D. Laboratorium B2P2VRP
Laboratorium untuk menunjang kegiatan penelitian di B2P2VRP antara lain :
D.1. Laboratorium Biologi Molekuler
Laboratorium Biologi Molekuler memiliki kemampuan:
a. Penentuan vektor malaria secara ELISA
b. Uji resistensi Vektor secara biokimia
c. Identifikasi pakan darah ( Uji Presipitin)
D.2. Laboratorium Mikrobiologi
Laboratorium Mikrobiologi memiliki kemampuan:
a. Pengembangbiakan Bacillus thuringeines H-14
b. Isolasi Bacillus thuringiensis H-14 galur lokal
c. Uji hayati pathogen terhadap jentik nyamuk vektor
D.3. Laboratorium Referensi
Laboratorium Referensi memliki kemampuan:
a. Pembuatan spesimen jentik dan nyamuk
b. Identifikasi jentik dan nyamuk
c. Penyediaan bahan referensi dan pelatihan
D.4. Laboratorium Pengendalian Hayati
Laboratorium Pengendalian Hayati memiliki kemampuan:
a. Pengembangbiakan nematoda Romanomermis iyengari
b. Pengembangbiakan ikan Poecilia reticulata
c. Pengembangbiakan Copepoda Mesocyclops aspericornis
D.5. Laboratorium Parasitologi
Laboratorium Parasitologi memiliki kamampuan:
a. Identifikasi spesies plasmodium malaria
b. Identifikasi spesies mikrofilaria
c. Pembuatan spesimen plasmosium malaria dan mikrofilaria
D.6. Laboratorium Pengujian Insektisida
Laboratorium Pengujian Insektisida memiliki kemampuan:
a. Pengujian efikasi insektisida yang digunakan program
b. Pengujian insektisida rumah tangga
c. Uji suscebtibilitas penentuan serangga resisten terhadap insektisida
D.7. Laboratorium Sistem Informasi Goegrafis
Laboratorium Sistem Informasi Goegrafis memiliki kemampuan:
a. Analisa spasial distribuasi vektor dan reservoir penyakit
b. Menganalisa faktor resiko penyakit tular vektor dan reservoir
D.8. Laboratorium Reservoir
Laboratorium Reservoir memiliki kemampuan:
a. Kolonisasi pinjal pes Xenopsylla cheopis
b. Memeriksa secara histologi organ tikus infektif leptospira
c. Mendeskripsi dan mempelajari bioekologi reservoir penyakit
D.9. Laboratorium Promosi dan Perilaku
Laboratorium Promosi dan Perilaku Memliki kemampuan:
a. Pembuatan leafet fan poster untuk penyuluhan
b. Pembuatan film/video untuk peromosi kesehatan
c. Penyuluhan kesehatan


E. Fasilitas Pendukung
a. Spesimen nyamuk, jentik, parasi malaria, tikus dan ekto parasitnya.
b. Mikroskop disecting, compound dan teaching.
c. ELISA reader untuk uji biologi molekuler dan elektroforesis PCR; Penggandaan sequen DNA.
d. Fermentor Biorektor; memperbanyak biakan untuk Bacillus thuringiensis.
e. Koloni nyamuk, lalat, lipas, dan pinjal untuk uji suscepbility dan bioassay.
f. Peralatan visual; OHP, LCD proyektor, dan slide proyektor.


F. Kemitraan

F.1. Nasional
a. Menggalang kemitraan dengan pemerintah daerah propinsi, kabupaten/kota.
b. Sebagai unit pengujian insektisida baru untuk registrasi (KOMPES).
c. Membentuk jejaringan kolaborasi dengan lembaga penelitian swasta, universitas dan LSM.

F.2. Regional
Kerja sama ilmiah dengan lembaga penelitian di kawasan ASEAN, tukar menukar tenaga peneliti dan pelatihan dilingkungan ASEAN maupun informasi ilmiah melalui diseminasi hasil-hasil penelitian.

F.3. Internasional
a. Membentuk jejaringa kolaborasi denganWHO (sebagai WHO-CC for pesticide evaluation).
b. Membentuk jejaring kolaborasi dengan NGO dan Universitas.


G. Perpustakaan dan jaringan informasi
a. Mengkoordinasi jejaring informasi
b. Sirkulasi buku, teks, majalah, journal, buletin dll.
c. Katalogisasi
d. Bank data dan data base line penellitian B2P2VRP
e. Publikasi (Jurnal Vektora)


H. Periode Kepemimpinan
Periode Kepemimpinan SPVP,BPVRP dan B2P2VRP Salatiga
1) DR. Sustriayu Nalim
Kepala Stasiun Penelitian Vektor Penyakit
Periode: 1976 – 1996
2) DR. Damar Tri Boewono, MS
Kepala Stasiun Penelitian Vektor Penyakit
Periode : 1997 – 1999
3) DR. Damar Tri Boewono, MS
Kepala Balai Penelitian Vektor dan Reservoir Penyakit
Periode : 1999 – 2005
4) Dra. Nani Sukasediati, MS
Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit
Periode : Januari – Desember 2006
5) DR. Damar Tri Boewono, MS
Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit
Periode : Januari 2007– Desember 2009
6) Drs. Bambang Heriyanto, M.Kes
Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit
Periode : Januari 2010 – Sekarang

I. Struktur Organisasi
Struktur organisasi instansi ini mengacu pada SK nomor: 1353/MENKES/PER/IX/2005, tanggal 14 September 2005 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP)

BAB III
ISI


A. Materi Prakerin
Materi Prakerin yang didapatkan oleh penyusun di tempat Prakerin sangalah berhubungan dengan materi yang di tetapkan di sekolah yaitu adapun materi yang ditetapkan oleh SMK Negeri 1 Salatiga untuk jurusan Administrasi Perkantoran adalah sebagai berikut:
1. Menangani surat masuk
a. mencatat dibuku agenda
b. mencatat dibuku ekspedisi
2. Mengurus administrasi kepegawaian
a. Membuat DUK & Statistik
b. Membuat laporan kepegawaian
c. Membuat konsep surat
3. Mengetik pekerjaan kantor
a. Surat
b. Sheet
c. Formulir
d. Laporan
4. Menerima tamu
a. Menyiapkan buku tamu
b. Mengantar tamu
5. Operator
a. Telepon
b. Facsimili
c. Teleks
6. Menggunakan komputer
a. Under DOS
b. Under Windows
7. Pengoperasian mesin hitung
8. Penyimpanan arsip dengan kartu kendali/indeks surat keluar dan masuk
9. Menemukan kembali dokumen yang disimpan
10. Menyelenggarakan rapat
a. Membuat laporan
b. Membuat notula rapat
11. Menyusun jadwal kegiatan


B. Bagian-bagian Prakerin
Tempat yang dipergunakan untuk pelaksaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) adalah Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga. Lokasi tepatnya ada di Jl. Hasanudin No. 123 Salatiga. Tempat yang digunakan untuk Kegiatan Prakerin meliputi :
B.1. Bagian Keuangan
Bagian keuangan adalah bagian yang mengelola keuangan B2P2VRP dengan Ibu Suskamdani sebagai Kasubbag keuangan dan rekan kerjanya adalah Bpk. B. Hono Wiyono, Ibu Sri Miyati, Ibu Suharti, Mbak Wika Kirana.
B.2. Bagian Administrasi
Bagian Administrasi adalah bagian yang mengurusi tentang kepegawian dengan Ibu Umi Widyastuti sebagai pimpinan administrasi dan rekan kerjanya adalah Bu Ninuk (Hanida Dwi Urip Lestari) , Ibu Widarsih, Mbak Sriyani, Mbak Fery Jelitawati.
B.3. Bagian PKS (Program dan Kerja Sama)
Bagian PKS adalah bagian yang menangani kerja sama dengan organisasi lain dengan pimpinan Ibu Widiarti dan rekan kerjanya Bpk Ristiyanto, Mbak Dewi.
B.4. Bagian Pelayanan Penelitian
Bagian Pelayanan Penelitian adalah bagian yang melayani semua penelitian misal dari mahasiswa-mahasiswa dengan Bpk. Hasan Boesri sebagai Ka.Bid yanlit.
B.5. Bagian Logistik adalah bagian yang mengurusi semua inventaris kantor yaitu daftar barang-barang di B2P2VRP dengan Ibu Suparni sebagai pimpinannya dan rekan kerjanya Bu Sri Julianingsih.
B.6. Ruang Kepala adalah ruangan Bapak Bambang Heriyanto selaku Kepala B2P2VRP dengan sekretarisnya Mbak Duwi Astuti.
B.7. Bagian Ka. Subbag Umum adalah bagian yang mengurusi semua secara umum termasuk surat-menyurat dengan Bpk. Yohanes Sudini sebagai pimpinannya dan Mbak Nuriya Fatchul Janah rekan kerjanya. Surat-menyurat di B2P2VRP menggunakan sistem buku agenda dan menggunakan buku agenda kembar yaitu satu untuk buku agenda satu buku untuk buku verbal
B.8. Bagian Perpustakaan adalah bagian tempat peminjaman buku-buku dengan Bpk Joko Sugiarto sebagai pengelolanya.


C. Tugas yang di berikan
Tugas yang diberikan di kantor B2P2VRP bermacam-macam jenis pekerjaannya. Dengan disistem rollink atau setiap seminggu sekali diganti bagian pekerjaan siswa magang agar menjadi tidak jenuh dengan pekerjaannya. Adapun tugas tersebut adalah sebagi berikut:

C.1. Tugas yang diberikan di Bagian Keuangan
a. Memasukkan data LKKA (Laporan Keadaan Kredit Anggaran) Ke komputer yaitu memasukkan data LKKa yang telah tersedia ke dalam komputer, serta mengganti file 2008 menjadi 2009.
b. Membuat rincian LKKA yaitu memasukkan data LKKA yang semula berupa kode-kode dirinci sesuai rinciannya.
c. Mencocokkan laporan keuangan
d. Mengetik SSBP yaitu mengetik dengan mesin ketik manual dengan menggunakan formulir SSBP.
e. Memasukkan daftar gaji yaitu mengetik daftar gaji yang telah ada sesuai dengan golongannya masing-masing ke dalam komputer.
f. Mengetik RKA KL tahun 2009
g. Memberi no. Kuintansi up
h. Memberi tanggal kuintansi up
i. Memasukkan data dari kuintansi up ke buku kas umum
j. Mencocokkan kuintansi up dengan SPTB
k. Mengetik data buku pengawasan anggaran belanja
l. Memasukkan data LKKA ke dalam realisasi anggaran perbelanjaan
m. Menghitung kembali jumlah uang kuintansi up
n. Mengetik pembayaran tenaga lokal

C.2. Tugas yang diberikan di Bagian Administrasi
a. Mengcopy data
b. Mengetik daftar hadir yaitu mengatik data daftar hadir pegawai.
c. Mengetik data pengadaan yaitu mengetik ulang data pengadaan untuk dijadikan sebagi masternya.
d. Mengetik data pelelangan yaitu mengetik ulang data pelelangan untuk dijadikan sebagi masternya.
e. Mengetik formulir pelelangan yaitu mengetik ulang formulir pelelangan untuk dijadikan sebagi masternya.
f. Mengetik terjemahan yag ditejemahkan oleh Mbak Ayu dari bahasa inggris ke bahasa indonesia.
C.3. Tugas yang diberikan di Bagian PKS
a. Meminta data lakip terdiri dari data calk, data pelatihan daftar urut kepangkatan yaitu meminta data calk ke Mas wulung, data pelatikan ke Mbak Ria, Daftar urut kepangkatan ke Mabak Fery.
b. Membuat daftar pelatihan membuat daftar pelatihan
c. Menggolong-golongkan antara proposal, protokol, dan lap. Triwulan
d. Mengirim e-mail
e. Mengetik kata pengantar
f. Mengetik Daftar pustaka yaitu mencari daftar pustaka di sebuah laporan kemudian di ketik.
g. Mengetik footnote
h. Mengetik bahan untuk mengajar
i. Mengetik Draf penyusunan jenis output satker Es. II & UPT di Lingkungan Balitbangkes tahun 2011
j. Mengetik penyusunan jenis output dan satuan
k. Mengetik teks bahasa inggris kemudian diterjemahkan ke bahasa indonesia.

C.4. Tugas yang diberikan di Bagian Yanlit (Pelayanan Penelitian)
a. Mengetik materi Aspek entomologi DBD
b. Mengetik materi DBD
c. Mengetik materi pengembangan pemeriksaan serologi untuk konfirmasi infeksi dengue di bagian mikrobiologi fkui
d. Mengetik materi pengamatan virus dengue dan penderita demam berdarah dengue
e. Mencari data demam berdarah di Internet
f. Mengetik skema pelayanan publik
g. Mengetik materi Dengue Fever Haemorrhagic
h. Mengopy skema pelayanan publik
i. Menggolongkan surat masuk
j. Menggolong-golongkan data yaitu mengolong-golongkan antara proposal, protokol, dan laporan triwulan.
k. Mempelajari windows under-DOS yaitu ketika Mabk Nita membuat probit saya ikut mempelajari windows under-DOS
l. menyetempel skema pelayanan publik

C.5. Tugas yang di berikan di Bagian Logistik
a. Mencari kode barang yaitu memcatat kode barang yang sudah ada ke jenis barang yang ada di bon barang tersebut.
b. Momotocopy bon barang
c. Mengetik nama-nama barang
d. Menggolong-golongkan bon barang
e. Mencatat jumlah barang yang ada
f. Mengetik bertia acara serah t erima
g. Mencatat bon barang ke dalam buku
h. Mengetik nama barang yang belum di belikan dan belum di SPJ-kan
i. Mengetik permintaan barang bulan Maret
j. Mengetik nama barang di kartu barang
k. Mengurutkan kartu barang sesuai abjad
l. Mengedit data permintaan baran
m. Menggolong-golongkan bon barang sesuai jenisnya
n. Mencatat jumlah baran
o. Menggolongkan daftar barang menurut ruangannya
p. Mengetik daftar barang yang dihapus

C.6. Tugas yang diberikan di Bagian Kepala
a. Mengedit protokol uji efikasi
b. Mengecek e-mail
c. Telepon
d. Membagikan tanda terima SPT
e. Membagikan data
f. Memasukkan data surat masuk ke buku agenda
g. Menerima tamu
h. Mengetik atthachment untuk e-mail
i. Meminta tanda tangan pimpinan
j. Membuat minum untuk tamu
k. Membuat bon barang kemudian menukar bon barang tersebut yang telah diberi tanda tangan kemudian ditukar dengan barang yang tercantum di bon tersebut.

C.7. Tugas yang diberikan di Ka. Subbag. Umum
a. Mengelola surat masuk
b. Mengecek e-mail
c. Mendistribusikan surat
d. Mencatat di buku ekspedisi
e. Menghitung jumlah surat masuk dan surat keluar di tahun 2009
f. Mendistribusikan surat
g. Membuat surat tugas
h. Mengelola sura keluar
i. Mengangkat telepon
j. Menggandakan naskah
k. Mengetik Formulir penyelesaian surat
l. Mengetik Pengumpulan data bahan pengawasan inspektorat jenderal kementerian kesehatan RI tahun 2010
m. Mengirim surat via facsimili

C.8. Tugas yang diberikan di Perpustakaan
a. Mengelola koran
1. Mengambil koran di kotak koran
2. Mengurutkan halaman koran
3. Memasang koran sesuai dengan hari dan judul koran
b. Labelling
c. Menyampuli buku
d. Melayani peminjaman buku
e. Melayani pengembalian buku
f. Mengetik nama buku
g. Mengoperasikan mesin fotocopy
h. Menulis buku yang difotocopy kedalam buku fotocopy
i. Menata buku sesuai dengan klasifikasinya
j. Memberi tanggal setiap harinya di bku pengunjung perpustakaan
k. Menulis buku yang masuk ke perpustakaan
l. Mengetik daftar pengunjung perpustakaan B2P2VRP
m. Mengetik daftar pembelian buku tahun anggaran 2009
n. Membuat label alamat pengirim jurnal vektora
o. Mengetik daftar penerima jurnal vektora
p. Mendistribusikan jurnal vektora di lingkungan B2P2VRP
q. Mendistribusikan formulir untuk pengadaan buku-buku perpustakaan
r. Mengetik daftar judul buku untuk koleksi perpustakaan tahun 2010
s. Mendistribusikan jurnal vektora ke luar lingkungan B2P2VRP


D. Kompetensi Yang di Berikan
Kompetensi yang diajarkan di B2P2VRP Salatiga adalah:
1. Berkomunikasi melalui telepon
Saat menerima telepon jangan di awali dengan kata ”hallo” kata hallo” diganti dengan sapaan selamat pagi dan segera menyebutkan identitas diri. Ketika bertelepon hendaknya dengan menggunakan kata-kata yang sopan dan ramah.
2. Berkomunikasi melalui aiphone
Aiphone adalah sarana komunikasi yang terbatas maksudnya telephone yang digunakan hanya dilingkungan B2P2VRP No. Extention terlampir.
3. E-mail
E-mail adalah salah satu program dari internet untuk mengirim surat dimana kita bisa menggunakannya kapan saja melalui jaringan internet. Di B2P2VRP biasanya menggunakan Zimbra untuk dilingkungan Departemen Kesehatan.
4. Menerima Tamu
Saat menerima tamu kita harus mengeluarkan senyum kita dan menyapa, setelah itu kita membuatkan minum untuk tamu tersebut setelah itu tamu tersebut dipersilahkan untuk mengisi daftar tamu B2P2VRP.
5. Mengelola Surat
Surat adalah salah suatu sarana untuk menyampaikan pernyataan-pernyataan/informasi secara tertulis dari pihak yang satu kepada pihak yang lain, baik atas nama sendiri, maupun atas nama jabatannya dalam sebuah orgnisasi, instansi . Berikut cara-cara mengelola surat:
D.5.1. Mengelola surat Masuk
D.5.1.a. Mengelola surat jika alamat tujuan surat B2P2VRP atau Pimpinan B2P2VRP
a) Menerima surat
b) Membuka surat Mencatat ke dalam buku agenda surat masuk (form buku agenda terlampir)
c) Melampiri lembar disposisi dan mencatat dilembar disposisi
d) Memberikan ke pimpinan untuk mendapat disposisi dari pimpinan
e) Kemudian mengelola surat sesuai dengan disposisi pimpinan (Mendistribusikan surat dengan menggunakan buku ekspedisi sesuai dengan disposisi pimpinan, lembar disposisi warna pink untuk Ka. Bid. PKS dan Ka. Sub. Bag. Keuangan, disposisi warna biru untuk Ka. Bid. Yanlit)
D.5.1.b. Mengelola surat masuk apabila alamat tujuan selain B2P2VRP atau Pimpinan B2P2VRP
a. Menerima surat masuk
b. Mendistribusikan surat sesuai dengan orang yang dituju surat tersebut dengan menggunakan buku ekspedisi dengan cara meminta tanda tangan kepada penerima beserta tanggal terima dan jam terima surat.
D.5.2. Mengelola surat keluar
a. Membuat surat untuk surat keluar ada ketentuan dalam pengetikannya yaitu menggunakan font jenis arial dan ukuran 11.
b. Mencatat data surat di buku agenda keluar (form buku agenda keluar terlampir).
c. Dimintakan paraf kepada yang bersangkutan.
d. Meminta tanda tangan kepada yang bersangkutan.
e. Di stempel B2P2VRP.
f. Melipat surat dengan lipatan double fold.
g. Dimasukkan kedalam amplop amplop distempel B2P2VRP jika surat dikirim via pos.
h. Lansung dikirim bila dengan menggunakan via facsimili.
6. Mengelola inventaris kantor
7. Mempelajari windows under-Dos
8. Mengoperasikan komputer
9. Mengoperasikan scanner
Cara mengoperasikan mesin scanner
a. Masukkan data kedalam mesin scanner
b. Tekan tombol scanner
c. Setelah itu lihat di my scan
Atau
a. Letakkan data yang akan di scan ke mesin scanner
b. Klik start
c. Pilih ArCPhotobase
d. Pilih PhotoBase 3
e. Klik Acquire
f. Klik Preview
g. Kemudian seret cursor untuk mendapatkan data yang diinginkan
h. Kemudian klik Scan
10. Mengoperasikan Faxsimili
Cara mengoperasikan mesin faksimili
a. Masukkan data yang akan dikirim
b. Tekan speakaer, speakaer berfungsi untuk mengganti gagang telepon
c. Tekan nomor yang dituju
d. Setelah bunyi “Tut” atau memberi kabar dahuu kepada tujuan fax kemudian tekan start
e. Setelah itu akan ada laporan bahwa data yang dikirim telah diterima (contoh laporan bahwa surat telah di terima terlampir)
11. Mengoperasikan Mesin Fotocopy
a. Letakkan data yang akan dicopy
b. Atur kertas yang dipakai
c. Atur ukuran berkas yang akan dicopy
d. tekan start
12. Mengetik Manual
13. Labelling
a. Mengetik label
b. Mencetak label
c. Memotong label
d. Menempelkan label sesuai dengan buku yang akan dilabeli
14. Melayani peminjaman buku
Prosedur peminjaman buku di perpustakaan B2P2VRP
adalah sebagai berikut:
a. Peminjam buku mengisi buku pengunjung perpustakaan
b. Peminjam mencari buku yang akan dipinjam
c. Diserahkan kepada petugas perpustakaan
d. Dicatat dalam buku peminjaman (form buku peminjaman terlampir)
e. Lembar yang dibelakang buku di catat sesuai data yang di buku peminjaman

E. Jadwal Prakerin
No Tanggal Tempat
1 11 – 20 Januari 2010 Ruang Keuangan
2 21 – 29 Januari 2010 Ruang Administrasi
3 1 – 10 Febuari 2010 Ruang Kabid PKS
4 11 – 19 Februari 2010 Ruang Kabid Pelayanan Penelitian
5 22 Feb – 3 Maret 2010 Ruang Logistik
6 4 – 12 Maret 2010 Ruang Kepala
7 15 – 24 Maret 2010 Ruang Ka. Subbag. Umum
8 25 Maret – 18 April 2010 Ruang Perpustakaan
9 19 – 23 April 2010 Ruang Ka. Subbag Umum
10 26 – 30 April 2010 Ruang Keuangan
11 3 – 11 Mei 2010 Ruang Kabid PKS

F. Hasil Yang Di Capai
a. Pengetahuan tentang dunia kerja
b. Kemandirian dalam mengerjakan tugas
c. Pengetahuan tentang cara beretika
d. Mengetahui prosedur peminjaman buku
e. Mengetahui prosedur pengembalian buku
f. Bertambahnya kecepatan mengetik
g. Cara mengurus inventaris kantor
h. Mengetahui cara bertelepon yang benar
i. Mengetahui cara melayani tamu dengan benar
j. Kedisiplinan dalam bekerja
k. Cara mengelola surat dengan benar
l. Cara Bertata krama yang baik
m. Mengetahui cara memburning CD
1. Klik start
2. Pilih Nero
3. Pilih Nero Expres
4. Pilih yang akan di burning musik atau data
n. Mengetahui cara mengeprint menggungakan mesin fotocopy
Khusus untuk mesin fotocopy di perpustakaan bisa digunakan untuk mengeprint data karena telah tersambung kabel LAN
1. Klil Menu Print
2. Pilih nama printer yaitu Canon
3. Atur kertas yang sesuai A4 atau Polio
4. Atur Paper Sourcenya
5. Dan klik menu Print
o. Mengetahui cara membuat blog




BAB III
TEMUAN-TEMUAN


Dalam suatu kegiatan baik yang diadakan di dalam (intern) maupun yang di luar (ekstern) maka tak akan lepas dari segala faktor baik penghambat ataupun pendukungnya, karena bagaimanapun juga kedua hal tersebut akan selalu ditemukan dan dihadapi.

Berikut ini faktor pendukung dalam pelaksanaan Prakerin DI B2P2VRP
a. Fasilitas peralatan sangat mendukung
b. Dari Fihak Industri memberikan penuh kepercayaan

Faktor penghambat :
a. Singkatnya masa prakerin di B2P2VRP
b. Sulitnya mengenal karyawan B2P2VRP
c. Kurang memahami apa yang ditugaskan oleh atasan


















BAB IV
PENUTUP


A. Kesimpulan
Pembelajaran di dunia kerja adalah suatu strategi yang memberi peluang peserta mengalami proses belajar melalui bekerja langsung
( Learning by doing ) pada pekerjaan sesungguhnya. Dengan adanya PRAKERIN penulis dapat merasakan bagaimana pelaksanaan praktek langsung di lingkungan dunia kerja yang langsung dibimbing langsung oleh pihak industri, dan bahkan kami dapat mengukur sejauhmana penguasaan ilmu praktek perkantoran, ternyata belum apa-apanya dibanding dengan para pegawai dari B2P2VRP.
Selain itu prakerin merupakan kegiatan praktek di luar jam sekolah yang bekerja sama dengan masyarakat atau instansi, sehingga siswa-siswi mampu bergaul dan bekerja sama dengan masyarakat luar.
Dengan begitu siswa- siswi mempunyai sikap yang akan menjadi bekal
dasar pengembangan diri secara berkelanjutan dan dapat mengamalkan apa yang telah di perolehnya, dalam kehidupan sehari-hari. Adapun kesimpulan mengenai tempat prakerin ini adalah:
a. B2P2VRP mempunyai banyak fasilitas yang memadai bagi para
Pegawai.
b. Setiap Ruangan Prakerin terdapat komputer yang telah tersambung dengan fasilitas INTERNET sehingga dapat membantu para pegawai.
c. B2P2VRP adalah instansi yang terbaik di SMK Negeri 1 Salatiga untuk jurusan Administrasi Perkantoran.
Akhirnya kami bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa kami telah menyelesaikan Praktek kerja Industri, yang dituangkan ke dalam Laporan ini.


B. Kritik dan Saran

B.1. Kritik
a. Saat menggunakan tanda pengenal hendaknya dipakai dengan benar agar siswa-siswa magang dapat mengenal melalui tanda pengenal tersebut bukan dibalik.
b. Hendaknya kebersihan di B2P2VRP lebih ditingkatkan.
c. Disiplin waktu

B.2. Saran
kami telah melaksanakan kegiatan prakerin selama kurang lebih tiga
bulan. Kami merasakan apa yang terjadi jika seandainya kita menjadi tenaga kerja yang pastinya bekerja sama dengan orang lain. Maka dari itu, untuk kedepannya kami menyarankan:
1. Kegiatan prakerin lebih di perhatikan dalam arti pembimbing lebih
sering datang memonitoring para siswa-siswinya.
2. Di berikan hukuman bagi peserta prakerin yang melanggar.
3. Lebih diperpanjang waktu prakerin
4. Solidaritas antara siswa magang dan pegawai B2P2VRP lebih ditingkatkan


C. Pesan dan Kesan

C.1. Pesan
Terus tingkatkan Kerjasama antara B2P2VRP dengan SMK Negeri 1 Salatiga agar kompetensi yang telah ditetapkan oleh kurikulum dapat berjalan dengan lancar.

C.2. Kesan
Penyusun terkesan karena dapat melakukan prakerin di B2P2VRP karena B2P2VRP adalah instansi yang terbaik di SMK Negeri 1 Salatiga di jurusan Administrasi Perkantoran



































DAFTAR PUSTAKA


Sumpriana, euis & Gina mardiana.Bandung:Armico Surat Niaga dan Kearsipan.1999.
www.b2p2vrp.litbang.depkes.go.id



































































Foto Halaman Muka B2P2VRP


Foto salah satu bagian tempat prakerin

Denah B2P2VRP


Penataan koran di perpustakaan B2P2VRP


Mesin fotocopy ”Canon iR2018N”


Penataan majalah di perpustakaan B2P2VRP


Penataan buku-buku di perpustakaan B2P2VRP
Kolom Buku Peminjaman Buku Perpustakaan B2P2VRP

No Tgl Pinjam No.
Kode Judul Buku Peminjam Tgl.
Kembali Keterangan
(Tgl Harus dikembalikan










Mesin Faximili




Contoh laporan bukti bahwa faksimili telah dikirim



Mesin Printer yang sekaligus dilengkapi dengan mesin scanner

Lembar disposisi pertama

Lembar disposisi kedua


Lembar disposisi ketiga


Contoh surat masuk melalui fax (lembar pertama)



Contoh surat masuk melalui fax (lembar kedua)

Contoh surat masuk melalui fax (lembar ketiga)

Contoh surat masuk melalui fax (lembar keempat)





Contoh surat masuk melalui fax (lembar kelima)






DAFTAR NOMOR TELEPON (EXTENTION) DI B2P2VRP

NO.
EXT RUANG/GEDUNG NAMA PEJABAT/PENANGGUNG JAWAB RUANGAN
I. Gd. Ka. B2P2VRP
101 Ka. B2P2VRP Drs. Bambang Heryanto, M.Kes
102 Staf Ka. B2P2VRP Duwi Astuti, S.Kom

II. Gd. Administrasi/Ketatausahaan
103 Administrasi Hanida Dwi Urip Lestari
104 Ka. Bag. Tata Usaha Dra. Umi Widyastuti, M.Kes
105 Ka. Subbag umum Yohanes Sudini, SKM, M.Kes
106 Ka. Subbag Keuangan Dra. Suskamdani, M.Kes
107 R. Bendahara B. Honowiyono, S.Sos
108 R. Perlengkapan Suparni

III. Bidang Program & Kerjasama
109 Ka. Bid Program & Kerjasama Dra. Widiarti, M.kes
110 R. Ka. Subbid JllPP dan Evaluasi dan Program Wiwik Trapsilowati, SKM, M.Kes

IV. Bidang Pelayanan Penelitian
111 Ka. Bid Pelayanan Penelitian Drs. Hasan Boesri, MS
112 Ka. Subbid Sarana & Pengujian Dra. R.A. Yuniarti,M.Kes

V. Peneliti
113 Gd. Peneliti Bawah Dra. Ch. Blondine, M.Kes
114 Gd. Peneliti Atas (Peneliti Utama) DR. Damar Tri Boewono, MS
115 R. Lobi Gd. Peneliti Atas Sarminto

VI. Laboratorium
116 R. Lab. Mamalogy B. Yuliadi/Muhidin
117 Gd. Lab. Anopheles Rima Runjungsari D.A, AMKL
118 Gd. Lab. Biomolekuler Mujiyono
119 Gd. Rearing Serangga Resisten Lasmiati
120 Gd. Uji Kaji Insektisida RT Tri Suwaryono

VII. Gedung Lainnya
121 Satpam Sugiyanto
122 Gd. Asrama Murni
123 Gd. Perpustakaan Joko Sugiarto, A.Md
124 Gd. Aula Atas Subiantoro

Nomor Sentral : (0298) 327 096
Nomor Ruang Kepala : (0298) 312 107
Nomor Fax : ( 0298) 322 604

Kolom Buku Agenda Surat Masuk

NO Asal surat Nomor/
Tgal surat Perihal Ditujukan/
Diinstruksikan Instruksi Ket


Kolom Buku Agenda Surat Keluar

NO Tgl Surat Nomor Surat Perihal Tujuan Ket Pembuat Surat






KOLOM BUKU TAMU


TGL Nama & Alamat Maksud / Tujuan TTD

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar